• 24 January 2022

Mau Kuliah di Jerman dengan Beasiswa? Ini Tips Mendapatkannya

CHANNEL 6 MAG – Bisakah kuliah di Jerman tanpa biaya pribadi? Jawabannya bisa, tapi kamu harus bisa mendapatkan beasiswa full dalam prosesnya. Saat ini ada banyak sekali jenis beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Jerman-Indonesia, swasta sampai universitas.

Kamu hanya perlu tahu nama universitas di Jerman mana saja yang menyediakan beasiswa full ini. Tahapan penerimaan kurang lebih sama, yang berbeda adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Bagaimana kamu bisa memperoleh beasiswa di Jerman, simak tipsnya berikut ini, seperti dikutip dari Westwork.

Tips Mendapatkan Beasiswa untuk Kuliah di Jerman 

Beasiswa kuliah di Jerman tersedia untuk program S1 hingga S3. Kamu pun tidak harus pergi ke Jerman untuk mengikuti proses penerimaannya, karena kini semuanya bisa dilakukan di Indonesia.

Nah, supaya kamu pasti berhasil mendapatkan beasiswa ke Jerman, ikuti dulu tipsnya berikut ini:

  • Jangan Malas Mencari Informasi

Ingin dapat beasiswa tapi malas mencari informasi? Sekarang udah nggak jamannya lagi bermalas-malasan. Kamu bisa mencari informasi ini di portal dari masing-masing universitas, beasiswa DAAD, LPDP, Erasmus+ dan masih banyak lagi.

  • Belajar Dulu Bahasa Jerman 

Kamu akan pasti diterima jika sudah mengantongi keterampilan bahasa Jerman minimal level B2. Karena bahasa pengantar kuliah menggunakan bahasa Jerman, jadi sudah pasti kalau kamu harus menguasainya.

  • Terjemahan dan Legalisir Ijazah dan Transkrip

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah menerjemahkan dokumen penting seperti transkrip dan ijazah ke dalam bahasa Jerman. Perlu penerjemah tersumpah yang ditunjuk kedutaan Jerman untuk menerjemahkan dan legalisir.

  • Mempersiapkan Sertifikat TOEFL dan IELTS

Bukan hanya sertifikat bahasa Jerman saja yang harus kamu lengkapi tetapi juga bahasa Inggris. Kemampuanmu akan dilihat dari sertifikat TOEFL dan IELTS yang akan dikirimkan bersama berkas lainnya.

  • Buat Surat Motivasi yang Unik 

Khusus pendaftaran beasiswa kamu harus membuat surat motivasi yang berisi alasan mengapa memilih kuliah di Jerman dengan jurusan yang sudah ditentukan. Kamu harus menulisnya dalam bahasa Jerman dengan isi menarik dan unik.

  • Pastikan Nilai Bagus sesuai Jurusan

Nilai jadi perhitungan yang cukup besar dalam pemilih peserta penerima beasiswa. Pastikan bahwa kamu memiliki nilai yang layak dan sesuai standar internasional untuk masuk ke jurusan yang diinginkan.

Kamu bisa mulai mempersiapkan diri untuk mendaftar beasiswa full kuliah di Jerman setahun sebelumnya. Dengan begitu semua persyaratan sudah pasti siap dan kamu tinggal mengirimkannya.

Syarat ini juga tidak jauh berbeda untuk pendaftaran masuk universitas. Jadi sekalian mempersiapkan pendaftaran beasiswa kamu juga bersiap-siap untuk mendaftar kuliah.